Popular Post

Posted by : Unknown Rabu, 10 Juli 2013

Sentra benih lele Cianjur: Kampung Pangawaren Pozok, pusat budidaya lele sangkuriang (1)
Jika Anda mencari benih lele untuk beternak, silakan datang ke Kampung Pangawaren Pozok, Cianjur, Jawa Barat. Sentra yang telah ada sejak dua tahun lalu ini menjadi buruan peternak lele dari pelbagai daerah. Namun, sentra ini hanya menyediakan benih lele sangkuriang yang lebih cepat besar dan tahan bermacam penyakit.


Letak sentra benih lele Kampung Pangawaren Pozok tak jauh dari Pusat Pembesaran Ikan Air Tawar Waduk Jangari. Lokasinya berada di daerah perbukitan dengan jalan masuk yang belum beraspal. Tak heran, saat musim hujan, jalanan ini Licin.

MenurutUjang Suhendi Alias Suhe, peternak lele di Kampung Pangawaren Pozok sejak duat tahun lalu, sentra ini hanya menjual benih lele sangkuriang. Alasannya, lele jenis ini lebih cepat besar dan tahan penyakit dibandingkan dengan lele lainnya.

Saat ini, di Kampung Pangawaren Pozok ada pembudidaya lele, biasanya mempunyai lima kolam dengan ukuran 4x8 meter. Namun, ada pula yang memiliki 10 kolam.

Suhe yang dulunya seorang Karyawan bercerita, ketika pertama kali terjun di bisnis ini, ia hanya coba-coba saja. Tetapi, dia berhasil mengawinkan lele sangkuriang secara alami. Berawal dari situ, Suhe pun mulai serius menekuni usaha budidaya lele ini.

Kala itu, baru ada tiga orang, termasuk Suhe, yang menggeluti usaha ini. Mereka menggunakan perlengkapan seadanya, seperti plastik transparan dan terpal.

Lantaran masih coba-coba, hasilnya pun kurang menggembirakan. Namun, usaha ini menarik perhatian Enut, warga setempat yang kebetulan juga Ingin Mencoba Ternak Lele. Padahal, di daerah ini biasanya budidaya lele dilakukan secara uring - uringan n musim - musiman

Setelah mengetahui potensi budidaya lele sangkuriang, suhe lalu merekomendasikan Kampung Pangawaren Pozok. Ia mengajak pemuda yang masih menganggur untuk ikut membudidayakan lele.

Sayang, hanya ada Beberapa bapak - bapak / pemuda yang tertarik. Lalu, suhe memberi mereka induk lele sangkuriang.

Dengan pengelolaan yang benar, seperti penggunaan terpal dan pengaturan jumlah air yang tepat, induk lele ini mampu menghasilkan benih 10.000 hingga 20.000 ekor per kolam berukuran 4x8 m. Mereka pun mulai menjual benih lele ini.

Harga benih lele tergantung ukurannya. Benih berumur 20 hari dengan ukuran 2-3 cm, dijual seharga Rp 30 per ekor. Sedangkan, benih lele dengan umur sebulan dan memiliki ukuran 3-5 cm, dilego seharga Rp 60. Benih yang sudah berumur 48 hari, dengan ukuran 5-7 cm dibanderol Rp 110.

Setelah mengetahui budidaya lele menguntungkan, banyak orang yang terjun ke usaha ini. Enut Pak Haji, salah satunya.

Kini, selain menjual benih lele di Kampung Pangawaren Pozok, beberapa peternak sudah merambah ke daerah Serang, Bogor, dan Bandung. Bahkan, ada yang mampu menjual benih hingga Luar Kota.

SENTRA PEMBENIHAN LELE SANGKURIANG, CIRANJANG CIANJUR
Sentra lele Ciranjang: Lokasi menunjang, omzet menjulang (2)
Tingginya konsumsi ikan lele membawa berkah bagi pembudi daya benih lele sangkuriang di Ciranjang, Cianjur. Mereka kebanjiran pesanan benih dari usaha pembesaran ikan lele. Dalam sebulan, ada pembudi daya benih lele mampu mendulang omzet hingga Rp 60 juta.

Warga Cianjur, Jawa Barat, sudah mengenal baik kawasan Ciranjang yang masuk wilayah kelurahan Ds. Sukaratu itu. Jika Anda ingin berkunjung ke sana, warga setempat bahkan dengan senang hati menunjukkan lokasi sentra budi daya benih lele sangkuriang itu.

Tetapi sentra pembenihan lele itu tidak seperti sentra lainnya dengan lokasi usaha yang saling berdekatan. Pembenihan lele di Ciranjang itu tersebar dan terpisah di beberapa lokasi.

Setiap pembudi daya memiliki kolam pembenihan dengan jarak satu sama lain bisa sejauh ratusan meter. Namun begitu, mereka masih berada di satu desa, yakni desa Sukaratu.

Sentra ini tentu juga sudah sangat dikenal para pembudi daya pembesaran lele. Apalagi, setiap pembudi daya sudah memiliki pelanggan tetap untuk belanja benih. "Benih lele sangkuriang menjadi incaran pembudi daya pembesaran," kata kata Ajat Sudrajat, salah satu pembudi daya benih lele Sangkuriang.

Ada juga mengklaim, benih lele di Ciranjang lebih unggul ketimbang benih dari daerah lain. Sebab, benih lele sangkuriang berkembang pada temperatur udara yang sejuk, ditambah dengan pasokan air yang berkualitas.

Kolam budi daya milik suhe saat ini sudah mampu menghasilkan 400.000 benih per bulan. Benih sebanyak itu berasal 17 indukan. Namun begitu, Ade mengaku masih kewalahan untuk memenuhi permintaan yang datang tidak hanya dari Cianjur, tapi dari Luar Kota.

Jika permintaan tidak bisa dia penuhi, pria berusia 29 tahun itu akan mencari bibit ke tempat lain. "Tidak semua pesanan bisa saya penuhi," kata Suhe yang sekarang fokus menaikkan produksi.

Kendala dalam menekuni bisnis pembenihan adalah proses pengiriman benih terutama untuk luar kota. Selain biaya mahal, waktu pengiriman yang lama bisa meningkatkan risiko kematian benih. "Terkadang biaya pengiriman lebih mahal dari harga lele," keluh Suhe.

Namun begitu, Suhe melihat usaha budi daya benih lele memiliki peluang yang cerah. Apalagi, pemerintah gencar kampanye peningkatan produksi lele akibat naiknya konsumsi lele. Untuk Cianjur saja, konsumsi lele per hari mencapai 15 ton-20 ton.

Kenaikan permintaan lele membuat pembudi daya pembesaran lele juga menaikkan produksi. Nah, kenaikan produksi itulah yang mendongkrak kebutuhan benih lele.

Dari banyak jenis benih lele,Suhe memilih membenihkan lele sangkuriang. Selain waktu pembesaran lebih cepat, lele sangkuriang juga mudah dalam perawatan sehingga ongkos pembesaran pun menjadi lebih hemat.


{ 20 komentar... read them below or Comment }

  1. ass.. mas saya peternak lele di daerah kp rawa bango...bisa hubungi saya gak mas di nomor 087820043332 saya mau tanya tanya tentang benih lele yg bagus...soalnya saya kesulitan dapetin benih lele yang bagus mohon hubungi saya yah mas di nomor saya supaya saya tau nomor mas mudah mudahan bisa jadi mitra makaasih mas yahh ass..

    BalasHapus
  2. Mas saya mau tanya alamat lengkap nya saya mau belajar Cara budi daya lele ini no tlpn saya 085777862996 saya masih mahasiswa

    BalasHapus
  3. pak kalo mau beli lele ikuran 1kg 7-8 ekor , berapa /kg nya, saya butuh 1-2 ton /harinya. bisa hubungi saya pak di no, 081254132952/081255798686. an. pak ismail bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak ismail masih membutuhkan ikan lele ? kalau masih bisa hub saya di 085782082771

      Hapus
  4. Kang kalo boleh mnta alamt lengkap nya , saya di daerah cianjur selatn mau pesen benih lele , mau berusaha mengikuti petani lele lainya ,, atw akang bsa hubungi saya di nmr 085721522919 ,, akang sms aja tar saya tlp .. Htur nuhunkang

    BalasHapus
  5. Kang abdi ti bojongpicung. Aya keneh teu lele teh 087825006665

    BalasHapus
  6. mas bibit lele msih ad ngga sya btuh sktar 15000 ekor ukran7-8
    087720734948

    BalasHapus
  7. kang saya dari cianjur selatan ingin tau lebih lanjut tentang lele, bisa minta alamat lengkapnya kang. ieu kontak abdi 08567671809.
    atur nuhun kang

    BalasHapus
  8. kang saya dari cianjur selatan ingin tau lebih lanjut tentang lele, bisa minta alamat lengkapnya kang. ieu kontak abdi 08567671809.
    atur nuhun kang

    BalasHapus
  9. kang simkuring d ciranjang boleh minta no hp
    http://jasaonlineoffline.blogspot.co.id/2017/05/blog-post.html

    BalasHapus
  10. Asalamualaikum mas...lokasi tertentu nya daerah mana....silang 1 minggu ini kurang lebih nya saya berkunjung ke lokasi pembelian binih...saya baru pertama buka..kolam saya blum sempurna jadi...saya mau mencoba 1500 ekor...ukuran 5×7....mohon balesan nya ya pak...saya tunggu...

    BalasHapus
  11. Asallamuallaikum pak...saya minta nmr nya?..
    Ini nomor hp saya 081293578596 wasthapp imo
    Tempat lokasi nya daerah mana pak...biar saya langsung ke sana...kurang lebih ( 1 ) minggu saya langsung kelokasi kolam...saya mau pesan 1.500 ekor ukuran 5×7...mohon balasan nya ya pak...saya tunggu

    BalasHapus
  12. Saya ingin pesen ikan lele untuk belajar menjadi peternak ikan lele...085717635558

    BalasHapus
  13. Saya ingin pesen ikan lele untuk belajar menjadi peternak ikan lele...085717635558

    BalasHapus
  14. Pak saya mau ternak ikan lele telp berapa mau hub bp

    BalasHapus
  15. Mau pesan benih lele disekitar wilayah kecamatan Ciranjang.
    Yang punya bibit lele siap jual bisa WA ke no 087708309692

    BalasHapus
  16. Bade ngajeungkeun penawaran kerjasama , kaleresan aya lahan di desa munjul 2500m2 tiasa kanggo budidaya lele, WA ka 082218713935

    BalasHapus

- Copyright © LELE CIANJUR - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -