Popular Post

Posted by : Unknown Selasa, 09 Juli 2013


Pada segmen kali ini, kita mencoba apa itu tebar padat pada peternak lele.


Banyak sebagian besar peternak lele masih menggunakan kepadatan penebaran Bibit Lele dengan cara Normal yaitu 100 – 150 ekor / m3, bila kita ingin memperoleh penjualan ikan dengan kepadatan normal maka untuk mencapai 1ton ikan saja pasti akan memakan lahan yang cukup luas. Bagaimana dengan yang mempunyai lahan kecil, yaa…tipis lah harapan untuk mencapai berton-ton ikan Lele yang dihasilkan.

Dengan tebar padat maka yang memakai lahan kecil masih bisa mencapainya, tinggal bagaimana kita “berani rugi” atau “tidak”, karena untuk memulai suatu yang ingin kita coba kita harus berani menanggung resiko bila gagal. Saya sudah mencoba dan dapat  kesimpulan yang bagi saya itu adalah kunci utama dalam tebar padat, yaitu “kualitas Air” sebagai tempat hidup si lele.

Saya melakukan dengan kolam terpal berukuran 2 x 4 meter ketinggian air hanya sekitar 75 – 80 cm dengan kepadatan Bibit Lele pada awalnya 4000 ekor lebih, berarti kepadatan permeter 500 ekor/m, langkah2 yang saya ambil cukup dengan persiapan air kolam yang sudah dikompos secara alami. Pemberian pakan yang dibantu probiotik pakan (sengaja tidak disebut namanya, takut dianggap promosi, hehehehe..), tanpa sirkulasi dan oksigen tambahan.

Bibit lele yang ditebar dari ukuran 7-8cm, dengan pengaturan air dan pakan teratur Bibit lele tetap aman, ketika Lele mulai mendekati masa siap konsumsi, disinilah peran kita lebih ekstra, karena air cepat berbau dan keruh, setidaknya 1minggu sekali terjadi pergantian air agar ikan tidak stress.

Alhamdulillah, dengan waktu singkat yang tidak diduga yaitu 1,5 bulan ikan sudah siap dijual / panen, dengan pemberian pakan Full Pelet  + probiotik tanpa Alternatif pakan sama sekali, fisik ikan terlihat bagus, berat badan mantap, dan lincah. Memang ada kanibalisme di kolam, tapi saya anggap itu wajar dan masih dibawah asumsi kematian ikan yang diperhitungkan.

Sekarang saya tinggal mencoba bagaimana dengan tebar padat 2000ekor/meter dengan waktu panen yang singkat.


 “untuk sesuatu yang lebih baik, harus berani mencoba. Karena Pengalaman guru yang terbaik”

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. ini bermanfaat sekali bagi saya yang sedang belajar dengan cara seperti ini trima kasih

    BalasHapus
  2. wow pantastis, idenya perlu diperaktekan nih, trim's

    BalasHapus
  3. campur pakan dengan probiotik em4 prikanan gak apa apa kah gan?

    BalasHapus
  4. campur pakan dengan probiotik em4 prikanan gak apa apa kah gan?

    BalasHapus

- Copyright © LELE CIANJUR - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -